Lampung Timur | Pesona Lampung Timur | Taman Nasional Way Kambas memberikan info terkini dan terupdate yang berhubungan dengan Lampung Timur. Info pariwisata Lampung Timur, kuliner Lampung Timur dan berita terupdate Lampung Timur.

Selasa, 09 Januari 2018

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo

Sejarah Pugung Raharjo

Lampung Timur - Sejarah Pugung Raharjo Taman Purbakala Lampung ternyata menyimpan banyak peninggalan masa lampau yang sangat kaya akan peninggalan itu berusia sangat tua yakni dari zaman prasejarah.

Salah satu lokasi tempat tersimpannya situs purbakala zaman megalitik di Lampung adalah taman purbakala Pugung Raharjo. Situs purbakala berlokasi di desa Pugung Raharjo kec Jabung, kab Lampung timur, Provinsi Lampung, berada di ketinggian 80 m dari permukaan laut. 

Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957 oleh penduduk setempat yang terdiri atas warga transmigrasi waktu penebangan hutan. Beberapa penebang hutan yakni Barno Raharjo, Sardi, Karjo dan Syawal melaporkan hasil penemuan tersebut kepada dinas purbakala. Salah satu dari temuan awal tersebut adalah sebuah arca yang dikenal sebagai arca yang bercirikan masa klasik dan berlanggam Buddhis. 



Sesungguhnya tradisi megalitik di Sumatra sudah banyak dilakukan oleh para pakar jauh sebelum Indonesia merdeka. Diantaranya Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van Der Hoop dan Funke. Taman Purbakala Pugung Raharjo yang telah ditemukan oleh para transmigran ini tidak dikenal oleh para peneliti tersebut selang beberapa tahun sejak ditemukan, tepatnya pada tahun 1968, dilakukanlah penelitian awal oleh lembaga purbakala yang dipimpin oleh Drs Bukhari pada tahun 1973. Lembaga purbakala dan peninggalan nasional telah bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University, mereka sudah melakukan pencatatan dan pendokumentasian Taman Purbakala  Pugung Raharjo yang hasilnya dituangkan dalam laporan penelitian Sumatera. 

Penelitian terus berjalan hingga ke tahun 1980an yang menghasilkan kesimpulan bahwa megalitik Taman Purbakala Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25hektar. Di Taman Purbakala Pugung Raharjo terdapat punden berundak yang bentuknya seperti piramida di Mesir. Bukan cuma satu tapi ada 13 piramida berukuran mini. Peneliti pun sudah memberikan nilai bahwa situs Pugung Raharjo memang sangat unik, sebab peninggalan-peninggalan zaman megalitik dari tahun 2500 M, klasik Hindu-Budha sampai Islam disana ada. Memasuki areal Pugung Raharjo Anda akan menemukan hamparan hijau, parit tanah yang ditumbuhi rumput dan tertata rapi. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan indah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels