Lampung Timur | Pesona Lampung Timur | Taman Nasional Way Kambas memberikan info terkini dan terupdate yang berhubungan dengan Lampung Timur. Info pariwisata Lampung Timur, kuliner Lampung Timur dan berita terupdate Lampung Timur.

Jumat, 05 Januari 2018

Istimewanya Lampung Timur



Lampung Timur

Lampung Timur - Membicarakan tentang Lampung Timur ini saya akan memberitahukan tentang keistimewaan tentang Lampung Timur. Kabupaten Lampung Timur yang menjadi kabupaten pertama se-sumatera yang dipimpin oleh perempuan. 



Keistimewaan yang pertama. Percaya atau tidak bahwa pilihan kepala daerah Pilkada yang dilakukan serentak pada tanggal 9 Desember 2015 selalu menghasilkan Catatan sejarah bagi Kabupaten Lampung Timur sebab pada Pilkada tersebut telah berhasil di dapatkan oleh wanitantangguh, yakni Ibu Hj Chusnunia Chalim. Yang biasa dipanggil dengan sapaan akrab Mbak Nunik. Politisi partai kebangkitan bangsa PKB yang juga, semasa kuliah aktif di PMI pergerakan mahasiswa Islam Indonesia telah berhasil menyingkirkan Rival tunggalnya Bapak Yusran Amirullah dengan kemenangan tipis pembahasan yang menarik dari hasil pilkada ini. Haji Chusnunia Chalim menjadi Bupati perempuan pertama se-sumatera. Bukankah ini sangat mengapreasi para wanita di seluruh Indonesia, khususnya di Lampung Indonesia karena wanita juga dapat memimpin suatu daerah. Mereka dengan bijaksana dan apik pemilihan ini merupakan hasil dari para warga karena mereka merasa bahwa Ibu Haji Chusnunia Chalim menjadi Bupati perempuan akan mensejahterakan Lampung Timur.

Istimewanya Lampung Timur yang kedua adalah Kabupaten Lampung Timur pernah Jaya dengan penghasilan lada terbesar di Lampung. Kelompok pertanian khususnya penghasil lada pernah mendapat hasil yang cukup bagus di Kabupaten Lampung Timur. Hal itu terjadi pada tahun 1980-an, di Kabupaten Lampung Timur. Kabupaten Lampung Timur menjadi kabupaten penghasil lada terbesar di Lampung dengan luas mencapai 9873 hektar. Yang sangat disayangkan keuntungan tanaman lada di Kabupaten Lampung Timur hingga saat ini menurun dan belum terulang kembali. Hal itu dikarenakan ada di kabupaten ini menurun setiap tahunnya bahkan menurun. Badan Pusat Statistik BPS Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2005 hanya sekitar 3121 hektar. 

Ketiga Kabupaten Lampung Timur merupakan kabupaten yang istimewa. Memiliki Taman Nasional tertua di Indonesia sungguh tak elegan jika membicarakan Kabupaten Lampung Timur namun tidak membicarakan tanam taman nasional. Di mana Taman nasional yang berada di Lampung Timur yaitu Taman Nasional Way Kambas dan taman nasional tersebut tidak asing bagi telinga kita semua, bahwa di sana terdapat berbagai macam binatang yang hampir punah dan tanaman-tanaman yang langka ditemukan dan dikumpulkan yang berada di sana. Jadi jika kalian berkunjung ke Lampung Timur disayangkan jika kalian tidak mampir ke Taman Nasional Way Kambas yang dipenuhi dengan berbagai pesona binatang langka dan tanaman langka keistimewaannya. 

Keistimewaan yang keempat Kabupaten Lampung Timur mempunyai sekolah unggulan yaitu SMA Negeri 1 Way Jepara, yang mempunyai bejibun prestasi akademik maupun non akademik. SMA Negeri 1 Way Jepara sekarang berada di peringkat ke-33 tingkat nasional peringkat ketujuh se Lampung. Selain itu masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh SMA Negeri wayjepara silakan berkunjung ke sekolah tersebut dan buktikan atas prestasi prestasinya yang tersimpan di dalam sekolah tersebut. 

Keistimewaan yang kelima. Lampung timur mempunyai Danau terluas se Lampung Danau Way Jepara namanya. Pemandangannya yang sangat eksotis. Jika dilihat di sore hari maka saat sunrise atau Sunset akan terlihat indah sekali hampir setiap akhir pekan. Danau tersebut dipenuhi dengan muda-mudi keluarga turis lokal maupun mancanegara yang singgah untuk menghabiskan waktu di danau Way Jepara tersebut. Ditambah Danau tersebut terdapat di banyak ikan dan penghuni Laut lain yang menambah penghasilan ekonomi penduduk sekitar dengan menjadi nelayan. Di danau tersebut dapat datang bersama keluarga. 

Keistimewaan yang keenam telah ditemukan Taman purbakala yang terdapat di Pugung Raharjo. Sekarang Taman ini dibuka untuk umum yang dapat menarik pengunjung lokal nasional maupun internasional. Taman ini mempunyai menurut kepercayaan masyarakat sekitar punden yang menyerupai bukit teletabis itu didalamnya terdapat banyak benda keramat, sehingga hampir setiap malam suro masyarakat banyak yang semedi atau bertanya dan mendapatkan barang gaib tersebut. Selain itu benda-benda purba yang ada di dalam taman itu tidak akan pindah walau sudah dipindah ke museum terdekat. Karena kata masyarakat sekitar barang atau benda benda tersebut dapat kembali dengan sendiri ke tempat asalnya karena masih terdapat kepercayaan mitos-mitos oleh zaman purbakala. 

Keistimewaan yang ke tujuh. Begal dibegal di dalam wilayah Lampung Timur. Selamat datang di Lampung Timur yang orang begal bisa ke begal, di mana orang pergi ke sekolah dibegal, pergi ke pasar di begal, pergi ngantor dibegal, cabe-cabean dibegal, Jones Jones dibegal, pacaran di begal, mau ngebegal di begal. Jadi jika kalian ingin pergi ke Lampung Timur harus beramai-ramai dan membawa teman kalian yang cukup banyak untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Terima kasih demikian keistimewaan dari Lampung Timur.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels