Lampung Timur | Pesona Lampung Timur | Taman Nasional Way Kambas memberikan info terkini dan terupdate yang berhubungan dengan Lampung Timur. Info pariwisata Lampung Timur, kuliner Lampung Timur dan berita terupdate Lampung Timur.

Senin, 15 Januari 2018

Garakkan Program Jumat Sehat di Lampung Timur

Lampung Timur Galakkan Jumat Sehat

Lampung Timur - Lampung Timur galakkan program jumat sehat, Sukadana. Gerakan jumat sehat rutin dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas Kesehatan beserta unit pelayanan Teknis Daerah UPTD. Di bawahnya guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mengusung slogan sehat keluargaku, sehat Lampung Timur ku, sehat Indonesiaku. Gerakan jumat sehat telah secara konsisten dilaksanakan sejak awal 2017. Serentak di 24 Kecamatan dan tersebar di 34 Puskesmas Kabupaten Lampung Timur. Berbagai kegiatan yang terangkum dalam gerakan Jumat sehat selain berupa penyuluhan tentang kesehatan, juga melakukan cek kesehatan gratis berupa pengukuran tekanan darah, berat badan, kadar gula, asam urat, kolesterol atau penyakit tidak menular PTM lainnya. Yang terdiri dalam pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular posbintu PTM terobosan kegiatan yang menjadikan setiap Puskesmas di Kabupaten Lampung Timur. 

Sebagai ujung tombaknya tersebut secara nyata telah memaksa setiap Puskesmas yang ada untuk mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu setidaknya mampu menjaring dan mendeteksi warga atau masyarakat di setiap wilayah kerja puskesmas terhadap adanya resiko penyakit tidak menular PTM. Terkait pelaksanaannya gerakan Jumat sehat yang juga merupakan bentuk atau pola pelayanan kesehatan jemput bola mendatangi calon pasien yang sudah berjalan di Lampung Timur tersebut. Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengutarakan bahwa gerakan Jumat sehat ini sudah secara konsisten berjalan dalam kurang lebih 1 tahun. Kita berharap dengan gerakan Jumat sehat dapat membuat monitor kondisi kesehatannya warga di lapangan, tuturnya. Diakuinya meski penanganan tersebut tidak serta merta langsung menyehatkan masyarakat namun upaya pencegahan perusakan dilakukan. Karena tentu yang kita tangani bukan hanya seperti memadamkan kebakaran atau memadamkan api nya saja tetapi upaya preventif atau pencegahan agar tidak terjadi penyebaran penyakit, ungkapnya. 

Lebih lanjut perempuan yang akrab dipanggil dengan Mbak Nunik itu menjelaskan bahwa pemerintahan Kabupaten Lampung Timur juga terus berupaya meminimalisasi penyakit yang ada di masyarakat ini, terutama penyakit tidak menular yang saat ini justru semakin hari semakin banyak terjadi. Seperti misal hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi dan sebagainya itu dimonitor via dengan gerakan Jumat sehat, harapnya. Masih menurut Chusnunia Chalim dalam upaya tersebut Dinas Kesehatan melalui UPTD nya masing-masing. Telah turun langsung ke masjid, mushola, komunitas pengajian, komunitas-komunitas yang ada di dusun-dusun memonitor dengan data yang didapatkan. Bila ada yang sakit itu kita harapkan bisa langsung ditangani, dirujuk atau bila terdeteksi kolesterol tinggi, hipertensi tinggi, bisa diberikan masukan-masukan agar lebih menjaga kesehatan. Kita harapkan ini menjadi program yang berlanjut terus menerus, pungkasnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Labels